Dealing with organization-life, three competition, badminton, two committe, and get balance in academics.

Semester dua menjadi semester yang cukup hectic. Waktu dimana harus menata beberapa jadwal, belajar membedakan mana yang prioritas, dan memutuskan kegiatan yang membuatmu nyaman.  Umm.. sebelumnya ada beberapa keadaanku yang perlu kalian tau saat pertama kali masuk kampus;

1. Tidak tertarik organisasi, dan awalnya memang bukan anak yang suka organisasi.
2. Belum pernah mengikuti satupun perlombaan karya ilmiah.
3. Tidak pernah ikut organisasi keolahragaan.
4. Tipe belajar 'moody'-an.
5. Sangat amat ingin menghindari yang namanya 'sibuk'.
6. Menghindari keramaian.

SooooOOoooOOo, gimana caranya aku bisa fit-in dibeberapa kegiatan?

First, pilih orang-orang inner-circle yang punya positive vibes. Kalian harus buktikan sendiri kalo ini tuh penting banget. Kamu mau jadi orang yang produktif? Kelilingi sekitarmu dengan orang-orang yang produktif juga. 100% works. Melihat orang sekelilingmu produktif sedangkan kamu tidak, itu bakal buat kamu ketrigger buat melakukan hal yang produktif juga! Emang kadang kamu perlu push dirimu sedikit, karna emang semua hal besar itu perlu usaha dan waktu. Kalo kamu dalam keadaan ga bisa ketrigger, setidaknya teman-temanmu akan mengajakmu melakukan hal-hal yang produktif juga. Eits, jangan ditolak ya guys! Bisa aja itu adalah awal jalanmu menuju kesuksesan.

Kedua, inget deh tujuanmu kuliah ini apa. Katanya sih, "Memberi manfaat pada orang lain". Nah, tapikan kalo dokter masih lama tuh? Jadii, kamu bisa menebar manfaat kepada sekitar sebelum menjadi dokter. Mentang-mentang calon dokter jangan sok sibuk! Istirahat perlu, tapi jangan terlelap. Hal ini terinspirasi oleh beberapa orang-orang yang hebat tetapi, tetap menyempatkan datang ke acara-acara kecil. Saya bertanya, "apakah tidak capek?". Beliau menjawab, "Capek iya, tapi apakah yang kamu capai tiduran dua jam dengan datang ke forum ini satu jam akan mendapat hasil yang sama? apakah kamu se egois itu?". Dari hal tsb, jangan lupa mulai lakukan hal-hal kecil yang bisa membuat dirimu bermanfaat! Misalnya, balas chat temanmu yang membutuhkan arahan, lalu membantu ibu kos membersihkan kos, jangan anggurin barang-barang yang tidak tertata, dan nanti akan tiba saatnya di kepanitiaan yang membantu orang-orang inti untuk menyukseskan suatu acara! Kalau melakukan sesuatu jangan setengah-setengah, guys! Jadikan dirimu orang yang penting disana, "kalo aku tidak disana, mereka pasti kesusahan."

Ketiga, be yourself dan percaya diri!! it's a must. Awalnya ragu banget ikut organisasi keolahragaan, karena emang dasar gapernah ikut juga dulunyaa, hehe. Tapi, disisi lain aku perlu banget olahraga dan kalo dibandingin olahraga lain aku dikit bisa si di badminton, hehe. Memutuskan untuk ikut, dan selalu rutin ikut latihan kalau ga ada halangan. Suatu saat yang mengejutkan, tiba-tiba disuruh ngewakilin angkatan buat lomba antar angkatan. Yaa, mungkin itu sesuatu yang kecil buat kalian tapi menurutku itu udah big step. Dari sini, semakin pingin dateng latihan terus dan dapet temen, terutama kating-kating yang dulu aku bener-bener dikit relasi sama kating. Percaya diri sangat dibutuhkan, percayalah pada dirimu dapat menggapai titik itu. Percayalah. Jika oranglain bisa, pasti kamu bisa! Ohya, selain itu ikutilah organisasi-organisasi yang bakal buat kamu maju di bidang yang kamu inginkan. Ikuti semua prosesnya, tidak akan ada yang sia-sia.

Keempat, disini aku lebih bahas mengenai gimana sih caranya hilangin konsep belajar moody?  Ya, sebelumnya kamu harus perbaiki keadaan yang ada. Sebisa mungkin jauhkan dari hal-hal yang menganggu seperti, tugas yang belum selesai, masih ada urusan dengan teman atau keluarga, cucian belum beres, dan sebagainya. Make ur desk clean. Jangan lupa biarkan kamarmu menjadi wangi ya teman-teman! Buat dirimu sendiri nyaman dahulu. Lalu, jika ada waktu luang usahakan jangan gabut, ataupun jangan main hape berlebihan. Hal tsb aku atasi dengan menghapus beberapa aplikasi yang menurutku aku terlelap didalamnya, seperti ins*agr*m. Yakin deh habis itu kamu akan lebih produktif! Untuk menambah semangat melakukan sesuatu katakan, "satu, dua, tiga", dihitungan ketiga kalian harus siap untuk melakukan kegiatan. Selain itu, take a deep breath. Semakin kamu sibuk, semakin bermanfaat waktu yang kamu gunakan, jadi tidak ada pemikiran negatif dan membuang waktu untuk hal tidak terlalu penting. Lalu, fokusmu akan dibelajar. So, kamu akan mendapatkan academic yang bagus ^.^

Kelima, jadilah orang down-to-earth. Pernah diposisi yang tidak bagus dan disekitar tidak kenal siapapun, tiba-tiba ada seseoang yang menolong. Dari situ, aku merasa bersyukur banget dan lebih suka ke keramaian mengamati orang, berkenalan dengan orang. Ingat, dalam berkenalan orang jangan spill data-data dirimu yang penting. Bukan maksud bersuudzon, tapi ya namanya orang kita tidak tau niatnya seperti apa. Kalo tanya tempat tinggal, jangan kasih alamat pasti kamu. Contohnya kecamatannya saja atau bagaimana.

Keenam, jangan lupa atur waktumu dan berdoa. Perbaiki time management, disiplin diri. Disiplin terhadap diri sendiri pada waktu menjadi kunci utama. Jangan sia-siakan waktu. Waktu tidak bisa diulang, tapi itu bisa mempengaruhi perjalanan kedepanmu. Serta yang terpenting, sholat tepat waktu untuk yang muslim!!

Itulah beberapa cara aku menjadi produktif! Alhamdulillah semuanya bekerja di aku, tapi entah di kalian karena semua orang memiliki cara yang berbeda-beda! Masih banyak cara hingga tidak terhitung, temukan cara kalian sendiri guys. Ohya, dapat menjadi finalis dari tiga lomba adalah output dari beberapa cara tsb. Semoga bisa menginspirasi :)


Komentar